Tuesday, November 1, 2011

Resume kuliah Sistem Informasi Terpadu - Pertemuan 5

Aktivitas - aktivitas logistik

  1. Pelayanan Pelanggan (Customer Service) : Suatu proses yang berlangsung diantara pembeli, penjual, dan pihak ketiga yang menghasilkan nilai tambah untuk pertukaran produk atau jasa dalam jangka waktu pendek (misal, transaksi tunggal) maupun dalam jangka waktu panjang (misal, hubungan berdasarkan kontrak).
  2. Ramalan Permintaan (Demand Forecasting) : Untuk mengetahui kesempatan-kesempatan
    (opportunities) yang terbuka bagi perusahaan, serta apa yang harus dilakukan oleh perusahaan di masa datang, maka perusahaan perlu mengetahui keadaan di masa depan, khususnya permintaan atau kebutuhan.
  3. Manajemen Persediaan (Inventory Management) : Merupakan sejumlah bahan-bahan, bagian-
    bagian yang disediakan dan bahan-bahan dalam proses yang terdapat dalam perusahaan untuk dilakukan proses produksi, serta barang-barang jadi (produk jadi) yang disediakan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan setiap waktu.
  4. Komunikasi Logistik (Logistics Communication) : Komunikasi yang akurat dan pada saat yang
    tepat merupakan dasar dari keberhasilan manajemen logistik.
  5. Penanganan Material (Material Handling) : Penanganan material berhubungan dengan setiap aspek gerakan atau aliran bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi dalam pabrik atau gudang.
  6. Proses Pemesanan (Order Processing) : Komponen-komponen order processing meliputi Elemen operasional (Operational Elements), Elemen komunikasi (Communication Elements), Kredit dan elemen pengumpulan  (Credit and Collection Elements), Penggunaan komputer.
  7. Pengemasan (Packaging) : Pengemasan yang baik dapat memudahkan penyimpanan, serta pemindahan produk, sehingga mengurangi biaya penanganan material.
  8. Komponen-komponen dan pelayanan pendukung (PARTS AND SERVICE SUPPORT) : Salah satu aktivitas pemasaran dalam perusahaan adalah memberikan pelayanan pasca penjualan kepada pelanggan.
  9. Seleksi lokasi pabrik dan gudang (PLANT AND WAREHOUSE SITE SELECTION) : Pergudangan merupakan bagian yang penting dari semua sistem logistik, karena merupakan jaringan primer diantara produsen dan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan persediaan selama seluruh bagian proses
    logistik berjalan.
  10. Pembelian – Pengadaan (PURCHASING – PROCUREMENT) : Purchasing pada umumnya berhubungan dengan pembelian aktual material dan segala aktivitas yang berhubungan dengan proses
    pembelian. Sedangkan aktivitas procurement berhubungan dengan aktivitas strategik yang berhubungan dengan pengadaan.
  11. REVERSE LOGISTICS : Penanganan barang-barang retur merupakan bagian dari proses yang berkaitan dengan reverse logistics, dan juga merupakan komponen logistik yang memerlukan perhatian lebih.
  12. TRANPORTASI : Fungsi transportasi berhubungan dengan bagian dalam dan luar departemen logistik.
    Dengan bagian finansial (biaya pengiriman), bagian produksi (pengiriman tepat waktu), hukum (kontrak gudang dan alat angkut), marketing (standar pelayanan pelanggan), pergudangan (supply peralatan, penjadwalan), bagian penerimaan (klaim, dokumentasi), dsb.
  13. PERGUDANGAN DAN PENYIMPANAN (WAREHOUSING AND STORAGE) : Produk harus disimpan dalam pabrik atau pada suatu tempat sebelum dijual. Semakin cepat waktu untuk produksi dan konsumsi, maka semakin besar tingkat (jumlah) persediaan yang dibutuhkan.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Search Engine Submission - AddMe